Smkn 3 Padangsidimpuan Gelar Market Day Wujud Nyata Kreativitas Inovasi Dan Kewirausahaan

SMKN 3 Padangsidimpuan Gelar Market Day: Wujud Nyata Kreativitas, Inovasi dan Kewirausahaan

SMKN 3 Padangsidimpuan Gelar Market Day: Wujud Nyata Kreativitas, Inovasi dan Kewirausahaan

Padangsidimpuan, 12 Desember 2025 - SMK Negeri 3 Padangsidimpuan menggelar Market Day, sebagai ajang bagi siswa-siswi kelas XI untuk menunjukkan ketrampilan dan jiwa wirausaha mereka. 


Market day merupakan bagian dari mata pelajaran Kreativitas, Inovasi dan Kewirausahaan (sebelumnya Projek Kreatif dan Kewirausahaan atau PKK) adalah konsep baru yang dipakai dalam pembelajaran berbasis proyek atau Project-Bases Learning (PBL). Market Day menjadi platform di mana siswa dapat menerapkan berbagai keterampilan yang telah mereka pelajari di kelas dalam situasi dunia nyata. 

Pada dasarnya, Market Day melibatkan siswa dalam merencanakan, menyiapkan, dan menjalankan sebuah pasar mini di lingkungan sekolah. Mereka bertindak sebagai penjual yang menawarkan berbagai produk atau jasa kepada teman-teman, guru, dan kadang-kadang orang tua yang datang berkunjung. Kegiatan ini menuntut siswa untuk melakukan berbagai tugas, mulai dari riset pasar, pengembangan produk, strategi pemasaran, hingga pengelolaan keuangan

Elemen-elemen kunci dalam Market Day adalah

1. Riset Pasar. Siswa belajar bagaimana melakukan riset untuk menentukan produk atau jasa apa yang akan dijual. Mereka mungkin melakukan survei atau wawancara untuk mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi konsumen.

2. Pengembangan Produk. Berdasarkan riset pasar, siswa merancang dan membuat produk atau jasa mereka. Ini bisa berupa barang kerajinan tangan, makanan ringan, atau layanan jasa.

3. Strategi Pemasaran. Siswa belajar bagaimana mempromosikan produk mereka. Mereka dapat membuat poster, brosur, atau menggunakan media sosial untuk menarik perhatian calon pembeli.

4. Pengelolaan Keuangan. Siswa mengelola keuangan mereka sendiri, termasuk menentukan harga, menghitung keuntungan, dan mengelola anggaran. Mereka juga belajar tentang pentingnya menabung dan investasi.

5. Ketrampilan Komunikasi dan NegosiasiSelama Market Day, siswa berinteraksi langsung dengan pelanggan, belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif dan melakukan negosiasi harga.




Nenni Puspita Sari, S.Pd, Dian Mardiana, S.Pd, Nova Hariani Matondang, S.Pd selaku guru mata pelajaran Kreativitas Inovasi dan Kewirausahaan (KIK) kelas XI, kompak mengharapkan kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai sarana belajar praktik agar siswa mengetahui bagaimana cara berwirausaha yang baik.

Acara dibuka oleh koordinator kegiatan Market Day, Mey Sarah, S.Pd sekaligus menyemangati peserta, bahwa sekolah akan melakukan penilaian masing-masing stand dan akan ditetapkan penampilan stand terbaik yang akan mendapat hadiah pembinaan.

Nurmala Hasibuan, S.Pd, Plt. Kepala SMK Negeri 3 Padangsidimpuan, merasa bangga dan mengapresiasi semangat siswa-siswi dalam pelaksanaan Market Day. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dijadikan sebagai sarana melengkapi pengetahuan tentang kewirusahaan dalam bentuk praktik nyata yang pada gilirannya setelah lulus siap menjadi pelaku usaha yang mandiri dan untuk selanjutnya mendorong kegiatan Market day tersebut diprogram untuk dilaksanakan setiap tahunnya.

Foto-foto galeri kegiatan Market Day dapat di lihat disini